16 January 2010

3D In CES 2010


Belum lama ini diselenggarakan Consumer Electronics Show (CES) 2010 di “Sin City”. Even yang diselenggarakan 7-10 Januari 2010 dan dihadiri lebih dari 2500 perusahaan seakan menjadi prelude terhadap perangkat multimedia yang akan hadir di 2010.


So… what we’ve got next in 2010. Ada beberapa teknologi dan gadget menarik yang akan hadir namun dari beberapa teknologi menjadi topic sebagian besar perangkat tersebut antara lain: 3D Technology, Netbook, eReader, embedded internet technologies dan tentunya green technology.

3D Everywhere, Glasses On

Sebelumnya 3D banyak diaplikasikan saat menonton TV atau bioskop, namun dengan seiringnya perkembangan teknologi, teknologi ini sudah mulai banyak diaplikasikan ke berbagai perangkat. Bagi gamers tentunya tidak asing game 3D dengan support dari NVidia 3D Vision yang banyak bermunculan di tahun 2009, seperti Resident Evil 5, Batman: Arkham Asylum, dan James Cameron’s Avatar: The Game. Sebelumnya permainan ini hanya bisa dinikmati di desktop, di CES 2010 sudah mulai banyak bermunculan notebook dengan fitur 3D seperti dari Asus, Sony dan MSI. Bagiamana dengan game console? Sampai saat ini baru Sony yang telah mengkonfirmasi bahwa PS3 dengan update firmware, fitur dan game 3D dapat dimainkan.

Dari TV dan monitor, Samsung, LG dan Sony mengeluarkan LCD & Plasma 3D dengan layar AMOLED (Active Matrix OLED) dan dengan refresh rate 12hz. And guess what, dengan hadirnya ESPN 3D sesuatu hal mungkin yang terjadi apabila FIFA World Cup akan hadir dalam 3D. Kereeennn…..

Bukan hanya penampil gambar saja, kamera 3D cukup banyak tampil di CES 2010 seperti DXG dan Panasonic mengeluarkan camera 3D.



     




No comments: